Rumus Praktis Matematika : Fungi Invers

RUMUS CEPAT MATEMATIKA : Fungsi Invers

Assalamualaikum kawan kawan, alhamdulillah saya menemukan lagi rumus cepat matematika, kali ini bab relasi dan fungsi, mengenai fungsi invers. Adakah dari kawan kawan yang masih kesulitan menentukan fungsi invers? Berkediplah tiga kali, yakinlah setelah membaca artikel ini kawan kawan tidak lagi mengenal kata sulit.
Jadi, jika ada soal semacam ini kawan : diketahui fungsi f(x) = (a/b)x + c/d maka f-1(x) = (b/a)x – c.b/(d.a)
Contohnya seperti ini kawan, :
diketahui fungsi f(x) = (2/3)x + 5/7 maka f-1(x) =...?
maka pengerjaan soal ini memiliki beberapa cara.
1.      Menggunakan rumus dasar
f(x)       = (2/3)x + 5/7
   y        = (2/3)x + 5/7
y – 5/7  = (2/3)x
   x        = (y – 5/7).3/2
   x        = {(3/2)y – 15/14)
f-1(x)     = (3/2)x – 15/14

2.      Menggunakan rumus saya
f(x)    = (2/3)x + 5/7
f-1(x) = (3/2)x – 5.3/(7.2)
f-1(x) = (3/2)x – 15/14)

Bagaimana? Menurut kawan kawan, lebih nyaman yang mana? Saya tidak memaksakan kawan kawan harus memakai rumus cepat saya, yang penting saya sudah bisa berbagi ilmu dengan kawan kawan semua. Dan sekedar info, soal seperti ini biasanya muncul di ujian nasional. Dan satu lagi, rumus saya ini gratis.. hehe JJ
Apabila ada dari kalian yang membutuhkan bantuan saya dalam pengerjaan soal matematika yang kawan kawan rasa sulit, silakan inbox ke email saya ultimateisbegin@gmail.com dan comment di posting ini agar saya tahu kalau kawan kawan sudah mengirim email.
Baiklah kawan kawan, itu tadi satu rumus yang bisa saya share kali ini, silakan dishare di blog kawan kawan, agar para pengunjung di blog kawan kawan juga dapat belajar matematika. semoga rumus cepat saya bermanfaat dan tunggu rumus rumus lain dari saya,, salam saraf kawan kawan,, wassalamualaikum,,,


Comments